Apakah penyebab penuaan kulit?

Mungkin anda sudah sangat sering mendengar saran untuk hindari merokok, selalu gunakan tabir surya, hindari sinar matahari langsung untuk menghindari penuaan kulit.

Namun sudahkah anda tahu bagaimana penuaan tersebut terjadi? Untuk mengatahu selengkapnya, ada baiknya kita menelusuri terlebih dahulu bagaimana kulit bekerja di  tubuh kita.

Bagaimana kulit bekerja?

Kulit merupakan organ terluas dari tubuh anda, kulit terdiri dari  lapisan yaitu:

  1. Epidermis : lapisan tipis terluar, dimana terjadi pergantian sel kulit paling serind dan konstan.
  2. Dermis : Lapisan tengah kulit yang tebal yang kaya akan kolagen dan elastin yang memberikan kulit kekenyalan dan elastisitas.
  3. Hipodermis : Lapisan paling dalam yang terdiri dari sel lemak dan berhubungan dengan tulang dan otot.

Seiring dengan usia, produksi sel kulit yang baru mengalami penurunan di epidermis dan kolagen serta elastin di dermis mulai mengalami penipisan. Kulit juga di pengaruhi oleh adanya faktor dari luar seperti misalnya kerusakan akibat sinar UV yang berujung pada pembentukan garis-garis halus, kerutan, pigmentasi dan bintik-bintik penuaan.

Bagaimana roko dan sinar UV merusak kulit? Berikut penjelasannya:

  • Rokok – Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada kulit. Hal ini dapat mengurani asupan oksigen dan nutrisi penting lainnya. Zat-zat kimia yang berbahaya di dalam rokok dapat memecah kolagen dan elastin dan mennyebabkan penipisan dan kulit menjadi kendur.
  • Sinar UV – Sinar UV pada matahari dapat merusak elastin dan jaringan kolagen dan menyebabkan kulit menjadi berkerut dan kendur. Sinar UV juga mengeluarkan molekul tidak stabil yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini mempengaruhi kemampuan kulit untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering.

Faktor-faktor lain yang dapt menyebabkan penuaan kulit lebih cepat antara lain adalah polusi udara dan toksin lingkungan. Gravitasi juga berkontribusi menyebabkan kulit menjadi kendur.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik ini,

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang –

0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

health-and-beauty_0.jpg

Leave a comment