Petunjuk Membantu Solusi Obesitas

 

(Obesitas)_Normalkah_berat_badan_anda

  • Makan lebih sedikit lemak maksimal 30% dari keseluruhan jumlah kalori yang dikonsumsi. Mengurangi lemak akan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak turunnya berat badan. Hal itu juga dapat membatasi atau mencegah timbulnya ‘efek salah makan’. Karena lemak adalah sumber kalori terbesar.

Menu makanan sekarang jelas jauh berbeda dengan menu makanan pada era terdahulu. Jika era dulu makanan lebih mengandung karbohidrat seperti halnya kue-kue dengan bahan utama hanya dari tepung, era modern sekarang selain tepung, juga banyak dinambahkan margarine , minyak dan jenis lemak lainnya.

Seperti telah diketahui, lemak merupakan penghasil kalori terbesar tiap gramnya, dibandingkan sumber nutrisi lainnya seperti halnya karbohidrat dan protein.

Maka tidak heran, bila asupan lemak yang tinggi merupakan penyebab terjadinya kelebihan asupan energi, yang bila tertembun dapat menimbulkan kelebihan berat badan. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa seseorang dengan kelebihan berat badan sangat suka makanan berlemak. Rata-rata konsumsi lemak mereka berada di atas 50% dari total kalori.

Proses pencernaan dimulai di mulut, dimana makanan dirubah menjadi bentuk yang lebih kecil, kemudian diteruskan ke lambung. Dengan bantuan enzim, makanan di lambung dipecah menjadi komponen-komponen penyusunnya, seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

  • Kurangi asupan kalori per hari dari pola makan biasanya (kurang lebih 600kkal). Tubuh selalu memerlukan asupan nutrisi dasar, tidak selalu dari kuantitas asupan yang banyak. Namun lebih efektif didapat dari pola makan yang berkualitas.

Zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Zat-zat gizi tersebut menempati prosi vital yang dibutuhkan untuk metabolisme, membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan untuk mendapatkan energi.

Selain zat gizi utama tadi, tubuh juga memerlukan mineral dan vitamin untuk mengatur cairan (elektrolit) tubuh, pertumbuhan tulang, pembentukan sel-sel darah, membantu proses metabolisme dan membentuk hormon/enzim.

  • Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, paling sedikit 3 kali sehari. Memilih makanan dan minuman secara berhati-hati akan membantu anda mengontrol kalori dan jumlah lemak total, lemak jenuh, kolesterol, garam, gula dan minuman beralkohol.

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang 

No Telp : 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

Advertisements

Kegel Postnatal Pelvic Floor Exercises

Untitled

What Are Kegel Exercises?

Kegel, or pelvic floor muscle exercises are done to strengthen the muscles which support the urethra, bladder, uterus and rectum. Do not contract your abdominal, thigh or buttocks muscles while performing the exercise.

Kegel is a part of a set of exercises required postnatally

• Kegels (pelvic floor exercises)

• Abdominal strengthening

• Arm and upper back stretch

• Sit-backs

• Aerobic activity

Identify right muscles One approach is to sit on the toilet and start to urinate. Try to stop the flow of urine midstream by contracting your pelvic floor muscles. Repeat this action several times until you become familiar with the feel of contracting the correct group of muscles.

• Gently tighten and then relax the muscles of your perineum (pelvic floor muscles). • May be done lying down, sitting or standing.

• Start with 2 – 3 seconds per tightening (contractions), moving up to 5 and then to 10 seconds. End by holding your contraction for 20 seconds.

• Begin with 2 – 3 contractions per session and build up to holding 5 contractions several times per day.

• Do not be discouraged if these are hard to do at first. They will become easier with practice.

When Should I Expect Improvement In My Symptoms?

It takes from six to twelve weeks for most women to notice a change in urine loss or improvement in pelvic floor muscles. Remember, if you do the exercises regularly you could see results sooner and prevent stress incontinence. There are Kegel devices like cones, balls and weights for resistance exercises but not required postnatally.

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang 

No Telp : 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

What Is It Like For My Baby Being Born In Water?

wb-logo

We cannot know for sure what any baby’s birth feels like. However, champions of water birth believe that the transition to the outside world is less traumatic for babies who are born in water.

The idea is that the warm waters of the pool will feel like the waters of your uterus (womb) to your baby. Babies born in water are often calm, and cry less than babies born in air.

You may be worried that your baby will inhale water with his first breath if he is born in a birth pool. However, healthy babies do not take their first breath until nerves in their face, mouth and nose have been stimulated by contact with air and a change in temperature.

Babies born in water are protected by the dive reflex. Your baby will instinctively close his airway, stopping him from breathing in water.

Your doctor will also monitor your baby during your labour to make sure he or she is getting enough oxygen. There is no evidence that babies born in water suffer from breathing problems any more than babies born in air.

Experts believe that babies are only at risk of inhaling water if:

  • Their head is brought to the surface before the rest of their body is born, overriding their dive reflex.
  • Their oxygen supply via the placenta is affected in some way. Your doctor will guide you to make sure you don’t bring your baby’s head to the surface before the rest of his body is born. She will monitor your baby for any potential problems.

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang 

No Telp : 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

 

What Is It Like To Labour In Water?

9f4d65caaf189464d6b43c8d9bc75e09-096474400_1425641584-Hamdun

The relaxing effect of water, with its support and warmth, can help you through your labour. Your contractions may lose their rhythm if you become tense. This means that your labour may stop and start without moving on. Being bathed in water is likely to help you go with your contractions in active labour, so that they are less stressful for you and your baby.

Being relaxed also helps you to breathe calmly. It means you are less likely to take short, shallow breaths, which can make the pain of contractions worse.

In active labour, labouring in water may help your body to release less of the stress hormone adrenaline and more of the labour hormone oxytocin. This stimulates your labour contractions to be strong and regular.

Your body may also release more endorphins. These are the hormones that help you cope with contractions. A birth pool provides the perfect private nest for you to labour in.

Once you are immersed in the warm waters of the pool, you are in your own world and labour can be undistrubed. When the lights are dimmed and the room is quiet, the effect is enhanced. It may help you to feel more in tune with your labour.

The water buoys you up and makes you feel lighter. It is easy for you to move about, so you can make yourself comfortable. The best position for you is likely to be one that helps your baby move most easily through your pelvis.

A useful rule of thumb is to keep your knees lower than your hips. But you can easily adopt lunge positions in the pool too (one knee down,one knee up). This helps some babies to descend.

Being in warm water can make it easier for you to cope with the force of contractions.

It is just the same as having a bath to soothe a tummy ache or bach ache.

Guidelines state that you should not be left alone while you are in a birth pool. This means that either a nurse, your doctor or your birth partner should be with you at all times.

Using a birth pool for labour is often such a positive experince that many mums want to use one again when they have their next baby.

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang 

No Telp : 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

 

 

Penyebab Penyakit Jantung dan Penanganannya

Penyakit Jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Penyakit jantung tidak mengenal batas usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga manula memiliki resiko terkena penyakit jantung. Lalu pertanyaan yang sering timbul adalah apa penyebab penyakit jantung dan penanganannya? Penyebab penyakit jantung ada dua faktor yaitu faktor keturunan atau genetik dan faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Ada 2 faktor kenapa seseorang bisa mengidap penyakit jantung yaitu faktor yang tidak dapat diubah seperti faktor keturunan atau genetik, usia dan jenis kelamin dan faktor yang dapat diubah seperti gaya hidup. Besarnya faktor tersebut memang berbeda pada setiap orang.

Pada faktor genetik, sangat tergantung pada tinggi rendahnya kadar lipoprotein dalam darah. Semakin tinggi kadarnya, maka resiko terkena penyakit jantung juga besar. Sebuah penelitian menyebutkan laki-laki lebih beresiko terkena penyakit jantung. Perempuan memiliki hormon estrogen yang mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Faktor usia, semakin tua seseorang kadar keknyalan pembuluh darah akan berkurang dan ini dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti gemar merokok, meminum minuman beralkohol, fast food terlalu sering, obesiras mengkonsumsi makanan berkolestrol tinggi dan stres dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Lalu apakah hubungan antara penyebab penyakit jantung dan penanganannya? Tentu saja ada hubungannya.

Penanganan Penyakit Jantung

Cara untuk menangani penyakit jantung adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit jantung karena keturunan. Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung. Anda bisa meninggalkan pola hidup yang tidak sehat seperti beberapa hal dibawah ini :

  1. Asap rokokUntitled atau kandungan yang terdapat pada rokok mempengaruhi pembuluh darah dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk kedalam darah. Akibatnya kerja saluran pembuluh darah menjadi tersumbat.
  2. Hindari kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi mengakibatkan lemak menumpuk dipembuluh darah koroner yang berdampak ada penyumbatan pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang rendah seperti mengkonsumsi kedelai, ikan, seafood, sayuran dan buah-buahan.
  3. Hindari stres. Stres ternyata dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan ini memberikan peluang untuk terkena penyakit jantung. Anda bisa melakukan penanganan dengan cara melakukan manajemen stres untuk hidup anda.

Jelas penyebab penyakit jantung dan penanganannya sangat beruhubungan. Menghindari penyebabnya adalah merupakan solusi untuk penanganan penyakit jantung secara alami. Lebih baik mecegah daripada megobati.

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang di Medan

No Telp : 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

Apakah penyebab penuaan kulit?

Mungkin anda sudah sangat sering mendengar saran untuk hindari merokok, selalu gunakan tabir surya, hindari sinar matahari langsung untuk menghindari penuaan kulit.

Namun sudahkah anda tahu bagaimana penuaan tersebut terjadi? Untuk mengatahu selengkapnya, ada baiknya kita menelusuri terlebih dahulu bagaimana kulit bekerja di  tubuh kita.

Bagaimana kulit bekerja?

Kulit merupakan organ terluas dari tubuh anda, kulit terdiri dari  lapisan yaitu:

  1. Epidermis : lapisan tipis terluar, dimana terjadi pergantian sel kulit paling serind dan konstan.
  2. Dermis : Lapisan tengah kulit yang tebal yang kaya akan kolagen dan elastin yang memberikan kulit kekenyalan dan elastisitas.
  3. Hipodermis : Lapisan paling dalam yang terdiri dari sel lemak dan berhubungan dengan tulang dan otot.

Seiring dengan usia, produksi sel kulit yang baru mengalami penurunan di epidermis dan kolagen serta elastin di dermis mulai mengalami penipisan. Kulit juga di pengaruhi oleh adanya faktor dari luar seperti misalnya kerusakan akibat sinar UV yang berujung pada pembentukan garis-garis halus, kerutan, pigmentasi dan bintik-bintik penuaan.

Bagaimana roko dan sinar UV merusak kulit? Berikut penjelasannya:

  • Rokok – Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada kulit. Hal ini dapat mengurani asupan oksigen dan nutrisi penting lainnya. Zat-zat kimia yang berbahaya di dalam rokok dapat memecah kolagen dan elastin dan mennyebabkan penipisan dan kulit menjadi kendur.
  • Sinar UV – Sinar UV pada matahari dapat merusak elastin dan jaringan kolagen dan menyebabkan kulit menjadi berkerut dan kendur. Sinar UV juga mengeluarkan molekul tidak stabil yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini mempengaruhi kemampuan kulit untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering.

Faktor-faktor lain yang dapt menyebabkan penuaan kulit lebih cepat antara lain adalah polusi udara dan toksin lingkungan. Gravitasi juga berkontribusi menyebabkan kulit menjadi kendur.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik ini,

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang –

0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com

health-and-beauty_0.jpg

8 Tips untuk Hidup Sehat

Makan sehat dan diet yang seimbang merupakan prose dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu rumit, ikuti saja 8 tips dibawah ini :

Pati (karbohidrat) sebagai makanan dasar

Makanan jeis karbohidratharus mendarasi 1/3 dari jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan seperti kentang, sereal, pasta, nasi da roti. Pilihlah jenis roti gandum, atau bila mengkonsumsi kentang, kulit juga di konsumsi. Makanan golongan ini mengandungi serat yang dapt membuat anda kenyang dalam waktu yang lama. Cobalah agar setiap waktu makan anda paling tidak ada 1 jenis karbohidrat.

Perbanyak sayur dan buah

Direkomendasikan agar mengkonsumsi paling tidak 5 porsi buah atau sayur dengan jenis yang berbeda setiap harinya.

Perbanyak ikan

Ikan merupakan sumber protein dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Cobalah untuk mengkonsumsi paling tidak 2 porsi dalam seminggu.

Kurangi lemak yang bersaturasi dan gula

Lemak yang bersaturasi seperti keju, kue, biskuit,sosis mentega dan lainnya meningkatkan risko terjadinya penyumbatan di jantung. Perbanyak makanan yang mengandung lemak tidak bersaturasi seperti alpukat, minyak ikan dan minyak nabati. Saat ingin mengkonsumsi daging, pilihlah daging dengan potongan ramping dan hindari daging dengan lemak yang terlihat. Hindari juga minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.

Kurangi garam

Walaupun anda tidak menanbahkan garam dalam makanan, hampir sebagian besar makanan yang kita beli sudah mengandung garam seperti sereal, sup, roti, dan saus. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan risiko darah tinggi.

Cobalah untuk aktif dengan berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat memicu beberapa kondisi seperti, diabetes melitus tipe 2, beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan stroke. Bila anda ingin mengurangi berat badan tidak cukup dengan diet namun juga harus diimbangi dengan aktivitas fisik. contohnya adalah jalan keluar rumah, atau bila anda kerjadi kantoran, parkir sedikt jauh agar dapat jalan.

Pilihan minuman anda

Manusia membutuhkan sebanyak 1.2 liter cairan setial harinya diluar cairan yang kita dapatkan dari makanan. Minuman yang sehat untuk anda konsumsi adalah air, susu dan jus buah. Diluar minuman itu cobalah untuk hindari, termasuk minuman kaleng yang mengandung terlalu banyak gula tambahan.

Jangan lupa untuk sarapan

Banyak yang mengira bahwa dengan melupakan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan, namun hal ini justru salah, sarapan ternyata membantu kita mengontrol berat badan. Sarapan yang sehat dapat memberikan vitamin dan mineral penting untuk kelangsungan hari kita.

pola-hidup-sehatDipetik dari i-exposure Vol 16

Hubungi Perwakilan Island Hospital Penang – 0811657299/ 081533318356/ 085296335566

email: islandpg@hotmail.com